Anak Batita Sudah Bisa Memilih Teman

Meski anak usia batita belum pandai bersosialisasi, tapi mereka sudah bisa memilih teman yang cocok baginya, lo. Anak akan memilih teman-teman yang dirasa bisa membuatnya nyaman saat bermain. Teman-teman, baik itu yang sebaya atau yang lebih dewasa, jika sikapnya dianggap tidak menyenangkan, seperti galak atau kerap memukul, pasti dijauhi anak. Nah, saat bermain itulah kadang terjadi “transfer” sifat atau karakter. Anak-anak bisa meniru atau bersikap latah terhadap sikap teman-teman bermainnya. Anak yang mulanya bersifat pendiam, bisa mendadak agresif. Jika marah dia menggigit atau melempar-lempar barang, misalnya. Bisa juga terjadi sebaliknya, anak-anak yang tadinya terlihat aktif dan ceria, mendadak pendiam setelah lama bergaul dan bermain dengan anak-anak pendiam dalam jangka waktu lama.

“Karakter anak sejak batita memang sudah mulai terlihat. Ada anak tipe sulit yang menangis melulu dan ogah diatur; ada anak tipe mudah yang gampang diatur dan sifatnya pendiam; dan ada anak-anak yang memiliki sifat gabungan dari dua karakter tadi. “Karakter anak bisa berubah tergantung situasi dan kondisi, serta lingkungan yang mempengaruhinya. Salah satu faktor lingkungan yang mempengaruhinya adalah orang- orang yang dekat dengan si anak. “Biasanya makin lama dan banyak pengalaman, makin terbentuk karakter pribadi aslinya.”

Nah, orang tua sebagai orang yang terdekat harus berperan sebagai “penyaring”. Kalau perilaku anak ternyata sudah kelewatan, seperti suka berbicara kasar dan jorok, orang tua mesti memberikan pengarahan. Jelaskan, itu bukanlah cara yang baik dan tidak patut dicontoh. Selain itu, berilah contoh konkret cara berbicara yang sopan dan santun. Jika tidak, maka perilaku itu akan terus terbawa hingga anak beranjak dewasa dan ia akan tumbuh dengan karakter yang buruk.

Pos ini dipublikasikan di Psikologi Anak dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s